Bakmi Gontor

Kenapa Gontor?, karena disana ada kuliner hebat bernama Mie Gontor.  Fakta menunjukkan kalau setelah  lulus dari Gontor, tidak ada yang kangen dengan masakan khas ini. Padahal mie ini adalah satu instrumen  penting bagi pendidikan imajinasi santri, saat menyantap imajinasi santri akan langsung on.

Kuliner ini hanya tersedia ketika jam praktek Kantin, empat kali sehari dan 45 menit setiap praktek. Untuk mendapatkan sepiring Mie Gontor diperlukan perjuangan dan ritual khas santri. Lima menit sebelum kantin dibuka, calon konsumen mulai memainkan sandiwara di sekeliling kantin dengan para petugas keamanan sebagai penonton. Ini harus menjadi ritual wajib bila tak ingin berdiri dalam antrian di setiap situs.

Mie tidak dijual dengan rupiah melainkan dengan tiket yang harus anda beli loket kasir, Setiap tiket tertulis nilai nominalnya. Selanjutnya anda berjalan ke loket yang lebih besar, bila beruntung disini anda akan disambut senyuman ramah seorang wanita tua , bila tidak adalah wajah galak/ngantuk/cemas pengurus, lebih sial bila kepalanya botak, menyeramkan.

Selanjutnya anda akan menerima sepiring mie, angkat, pegang dan bawalah dengan hati-hati.  Karena meskipun mie ini termasuk keluarga mie goreng, namun minyaknya mengalahkan kuah mie rebus. Kemudian carilah tempat duduk yang jauh dari pintu dan tersembunyi, karena selagi anda makan akan banyak “cleaning servis” yang bekerja sebelum kantin tutup. Mereka ini adalah kaum bokek yang dengan terpaksa mengambil mie secara paksa dari piring anda dengan memaksakan kalimat “minta dong”.

Sekarang adalah saat terpenting, menyantap. Ketika mie dihantarkan oleh sendok, lidah akan langsung mencari jawaban atas pertanyaan, dimanakah letak rasanya?. Proses menelan menjadi sangat susah karena antrian panjang di tenggorakan, tapi tenang karena ada dorongan dari “cleaning servis” dan gedoran pintu kantin tepat 30 menit setelah kantin buka oleh keamanan pusat akan memaksa mie untuk langsung meluncur masuk ke dalam perut.

Setelah sampai di kamar, bila sempat seorang santri akan berpikir. Cairan apakah yang masih tersisa di tangan setelah makan mie, sebenarnya minyak atau keringat lekek si mbok kantin. Tapi bagi santri Gontor,  tidak ada ruang bagi terlintasnya  pertanyaan bodoh ini dari pikiran mereka, karena jam sudah menunjukkan pukul 10 malam. Inilah satu-satunya ruang untuk tidur sampai nanti pukul 3.30, bila tidak bisa tidur, pukulan rotan keamanan adalah obat tidur paling yang manjur.

Anda juga tidak perlu meragukan nutrisi yang terkandung dari sepiring mie Gontor. Tak perlu penelitian ilmiah atau sertifikasi ISO. Karena waktu telah menjawab, bahwa nutrisi yang terkandung di dalamnya begitu manjur untuk melahirkan tokoh-tokoh umat dan bangsa.  Idham Khalid, Hidayat Nurwahid, Din Syamsudin, Hasyim Muzadi, Amin Abdullah, Nurkholis Madjid, Abdullah Ba’asyir dan masih banyak lagi.

Sekarang tak perlu heran lagi kenapa alumni Gontor bisa begitu banyak menelurkan varietas alumni.  Karena mungkin inilah efek dari mie Gontor yang dulu mereka santap. Seribu rasa. Seribu Gontor, yang berdiri diatas dan untuk semua golongan. Selamat menikmati.

jadi kangen mbok dapur

62 Balasan ke Bakmi Gontor

  1. Yusni El-Joy mengatakan:

    Tajammu’ Makrunah??
    Intabih Mahluq Jamaatan Kang!!
    Kama Kana Mudabbir RCKB 2000.
    Mahluq Jamaatan….

    Wekekeekekek…..

    >>>>>> jadi ingat jumlah pitak di kepalamu
    mmmmmmmm
    trus bentuk kepala agak benjol to?

  2. Dedy mengatakan:

    salam kenal, mie gontor memang bernutrisi tinggi, tapi sebenarnya Jaros keramatlah yang paling sakti diantara elemen2 keunikan Gontor.. ga percaya? coba sekali-kali pukul tuh Jaros depan Qo’ah jam 1 malam tiga kalliiiii aja..

  3. oRiDo mengatakan:

    hmmm…
    di blog ini jd bisa merasakan seperti apa yg namanya bakmi gontor..
    jangan lupa dikasih sambal yah..
    hehehehe…

  4. hengki mengatakan:

    awas …. ada tanziful ‘am ….. jadi meneteskan liur, apalagi kalo minya ditambah tempe goreng … makin nikmatttttttttt

  5. dewi mengatakan:

    ehmm….
    terus terang saya bukan penggemar mie 🙂😀😛

  6. mybenjeng mengatakan:

    enak neeh mie gontornya…🙂

  7. presty larasati mengatakan:

    bakmi bakmi…
    kirain rekanan akh achoey…
    ternyata beda lagih
    dan benar2 beda!!!:mrgreen:

    anak gontor, ya?
    salam kenal aja deh..🙂

    assalamu alaikum ya…

  8. GUS MARIO AL-MADYUNI mengatakan:

    ngomong2…saya juga pernah tuh ke gontor dan pernah punya gabetan orang gontor, tepatnya sebelah timur gerbangnya….tp skr dia dmana yaa…ehh aku cobain mie gontor dulu yaa….tapi nanti pulangnya naik becaknya pak sardi yaa..ok

  9. azaxs mengatakan:

    Salam.. piye bakmine mas?
    Tambah laris to?🙂

    >>>>>>>>>>>>>
    Alhamdulillah Zaxs, lancar, selancar Malo klo banjir

  10. YoHang 07 mengatakan:

    Nyam nyam, bakminya enak sekali.
    Salam ukhuwah🙂

  11. Friend mengatakan:

    Wogh, kangen pengen makan mie campur sarden campur bumbu pecel lagi…

  12. imbalo mengatakan:

    lha ke Philipin itu dagang mie juga ya mas

  13. Dmurt mengatakan:

    amsi ana sina’ makrunah bi alma” hamam jeel.. jadinya lama buanget.. tsuma ana campur ma sarden ma kacang atom, ana akul tamaman haris lail. godanuhu mabtun! jamput. a kholas ana athlub tasreh. pabana ghoiru makbol. hahahaha ! mencret pi pasel.

  14. muza mengatakan:

    tajamu?jayyid that is very good idea btw klo tajamunya di saudi daur robi ma*ruf la ya?kum tajamu kum

  15. veedho mengatakan:

    bakmi ato mie atau juga dalam bahasa arabnya, makrunah bukanlah makanan utama yg dikonsumsi para santri gontor. tetapi, boleh jadi kehidupan para santri gontor tidak akan pernah bisa terpisahkan dengan jenis makanan ini. para santri menyantapnya di kantin ato saat jaga malam, makan bersama usai sholat tahajjud berjama’ah, bahkan seringkali sebagai pengganjal perut di malam hari. tetapi makanan ini harus dimakan munfaridan sebab jika dimakan berjamah, maka akan menimbulkan bahaya “kebotakan” (jika terlihat keamanan atau dewan pengasuh). pendek kata, selain salatoh rohah, makrunah adalah merupakan santapan yang lezat karena darurat, sekaligus meriah sebab murah. salam damai dari penikmat makrunah.

  16. mtgn mengatakan:

    ha………………..
    lucu2 lucu2 ya…………..

  17. Deni Rohendi Jam'iyyatul Qurro mengatakan:

    Mie Gontor memang tidak ada yang mengalahkan syu’uruhu ajib jidan lasiyyama akluhu tandzip…

  18. vizon mengatakan:

    inilah satu2nya kuliner yang paling abadi. bisa dipastikan semua alumni gontor dari berbagai lintas generasi, sangat mengenal kuliner ini. rasanya memang tidak luar biasa, tapi kenangan yg melekat di dalamnya, melebihi dari segala rasa… i sure…

    salut buat ente, sudah “mengabadikan” kenangan ini dalam nama blog…🙂

  19. Thony mengatakan:

    lagi donk mienya…

  20. im_asti mengatakan:

    wa..trnyatha,,al-idam kyk di gontor putri tuh..!

  21. Murt_679 mengatakan:

    mana yang lebih populer, migontor ato salatoh rohah?

    denger “salatoh rohah” aja dah ngilu ne….

  22. iskandarjet mengatakan:

    Ane no comment lah buat mie gontor. apalagi kl direbusnya pake ember plastik bekas cat tembok. Wuiihhh… gurihnya nggak nahan! Terus masak, ampe semua orang di dunia maya pada kenyang… Kalo ada waktu luang, come visit to http://iskandarjet.wordpress.com

  23. […] boleh ketinggalan dalam kegiatan itu adalah tool-nya atau dengan kata lain, faktor pendukung, yaitu mi goreng kantin ala Gontor dan kopi yang diracik dalam satu wadah besar, biasanya kaleng bekas […]

  24. Ade mengatakan:

    Takallum amru tajammu’ wa makrunah, ana mahluq sababu dzalik… But, it’s really a great memory…🙂

  25. aldhy mengatakan:

    wah kangen pengen liat perkembangan gontor…
    hehehhee walo ga nyampe selese gontor is the best

  26. kneff mengatakan:

    kowe opop ***** thooooo

  27. ilham nursal mengatakan:

    Sweet memory….suatu yang t’terlupakan bro……suatu yg t’ mungkin ada diluar pondok

  28. Herbert `SYAZ` mengatakan:

    ADUH….. MI GONT0r….
    Hal `aroftum? Itu tu dibuwat pake `DALWUN SOGHIR` yang dah kecampur cat Rabithah, tapi rasanya…..
    nampol perut,, n kalah dey spaghetty…
    apalagi kalo buwat sabar(sahur bareng) bareng firqoh,
    Good Luck ya mi gontor.. TUNJUKKAN RASA NAMPOLMU..

  29. adnan mengatakan:

    inkana tajamu’,ladzid jiddan….. lakin goiru ladzin inknana mahluq ma qismu amn………..

  30. lisari moetzzzzzzzzz mengatakan:

    duh kangen nih pngn makan mie gontor lagi,tapi ko klo di pkir2 aneh z mi yang di gontor ntu,tp tetep z di makan absnya klo di gontor pa z di makan sih yang penting perut kenyang,duh sayang yacc ri cuma ngerasain 1 thn stengah wktu di gontor jd kangen new ma nak2 di sana khususnya nak2 yang sekarang kls 3intensip di mantingan yang mo naek kls 5 mudah mudahan pada naek cmua yua,amiiiiiiiiiiiin

    calam kangen dari sari………..emuah

  31. risyha randini syahma mengatakan:

    duh kangen nih pngn makan mie gontor lagi,tapi ko klo di pkir2 aneh z mi yang di gontor ntu,tp tetep z di makan absnya klo di gontor pa z di makan sih yang penting perut kenyang,duh sayang yacc ri cuma ngerasain 1 thn stengah wktu di gontor jd kangen new ma nak2 di sana khususnya nak2 yang sekarang kls 3intensip di mantingan yang mo naek kls 5 mudah mudahan pada naek cmua yua,amiiiiiiiiiiiin

    calam kangen dari lisari………..emuah

  32. ahasibuan mengatakan:

    apa aja enak di Gontor, makanan maupun minumannya, tapi itu lho yang masih ada opo ndak, minuman temu lawak.

  33. islamarket.net mengatakan:

    ada satu hal yang tidak saya suka dari gontor dalam mottonya, yaitu BEBAS. katanya sih, setelah lulus gontor, dia bebas mau jadi apa, mau kerja apa, ikut aliran apa aja, dll. efek negatif dari motto ini adalah, setiap orang bebas menentukan jalan diri tanpa diiringi Petunjuk Al Quran dan As Sunnah

  34. Huda Shidqie mengatakan:

    all about gontor…he…wonderful place yang dah kaya` paradise…i luv u full…….heeh

  35. subroto mengatakan:

    Hebaaaattttt……. Trus Gimana Perkembangan Kawan-kawan diSini? Gue bangga kepada My Alamamater. We Really Love You… Hashaha

  36. Rijal mengatakan:

    makrunah ma,hadii ladzid jiddan lasiama makannya make kito, and ma,a su,batii tamaman SABAR UUUEEENNAAK TEENAAN

  37. abdurrahman jailani mengatakan:

    yang lebih nikmat makan mienya bareng-bareng…trus di rotanin bareng-bareng…n yang pasti dibotak bareng-bareng di gedung saudi 1 lantai 6….bener gak?

  38. rush mengatakan:

    DAhsyat juragan
    masih terngiang dulu bagaimana menikmati mie gontor
    5 tahun yang lalu tepatnya

  39. suparya mengatakan:

    oh pondokuuuuuuu…. tempat naung kitaaaaaa

  40. abitamim mengatakan:

    Alhamdulillah sekarang banyak karkun di gontor ya
    95 dulu hampir nggak ketemu teman dakwah di sana

  41. andi mengatakan:

    mudabbir RCKB 2000 mudabbiry zalik jel…..

  42. deni mengatakan:

    kenal ga kenal…. cukup dengan kata”sul”…qolil na`am…
    qola mustahik (pi qolb paqot) : “qolil…antum kam naparon????” hhh ana iklas..hiks..hiks…

  43. mokal mengatakan:

    ehm,,,,jadi inget masa lalu nih

  44. Mafia2010 mengatakan:

    KANGEEENN SAMA SAYUR BENING PLUS TEMPE MINI……ahahaha

  45. dzickry mengatakan:

    mana makrunah bil baydohnya mau donk

  46. farid mengatakan:

    lha terus apa donk surga2 yg macam lain?

  47. sumitro jono mengatakan:

    kenapa nggak dijual di warung2 makanan ya…? Pengin juga sekali2 nyoba rasanya…

  48. Ahmad Rayhan mengatakan:

    Emang Hebat Anak Gontor Karyanya, Tidak Pernah Mati Dan Tidak Pernah Mampet, dimanapun Berada selalu berkreasi,
    Salut Banget Ma Sebior-senior ini…..
    Ana BANGGA

  49. yusuf arif mengatakan:

    wkwkwk…. jd inget beberapa passcode mkn gratis: “sul…”, “qismu tanzif…”, “kayf haluk ya akhii shogir..”

  50. ali karta mengatakan:

    mie gontor oh mie gontor…… kenangan itu tak akan hilang sampai kapan pun, lumayan dapat jatah gratis selama di bagian kopwapel hehehe…..

  51. suci mengatakan:

    semua yang kita rasakan di pondok itu tidak akan pernah terlupakan,,,

  52. dita mengatakan:

    DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI
    PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA
    KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA
    YG DIBERIKAN 4D BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMBUHLILLAH
    DPT 450 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN
    ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN
    ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU MBAH GUNTUR
    JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA
    HUBUNGI LANSUNG MBAH GUNTUR DI NO_0853_2827_2384_SAYA
    SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.
    INI KISAH NYAT SAYA==+62852-2827-2384

    ATAU KLIK http://totomagnummalaysia.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: