Arsitektur Tata Bangunan Gontor

Ketika saya di Aceh untuk melakukan pencarian tanah untuk pembangunan Gontor 10, ada dua tanah yang masuk pencarian kami (saya, Ust Jarman, Ust Nursyahid, dan Alm Ust Arifin).

Tanah yang pertama datar, landai, mirip struktur tanah Gontor Puteri Mantingan, yang akhirnya dibeli Gontor untuk cabang yang ke 10.

Tanah yang kedua konturnya tinggi rendah tapi dipegunungan, dekat sekolah kepolisian dan Politeknik di daerah situ. Susasananya Indah sekali, saya fikir ini akan cocok untuk pembangunan pesantren, meski mungkin bentuknya agak unik, jadi Rayonnya (asramanya) tidak lagi per bangunan, tapi mungkin per Blok. Soalnya konturnya indah sekali, mirip-mirip situasi di Gontor VI magelang menurut saya. Apalagi yang punya tanah Cuma menghargai tanahnya dengan dua tiket Haji Plus, murah sekali.

Ketika hal itu saya sampaikan ke Ust Nursyahid sebagai penanggung jawab pembangunan di Gontor,beliau menjawab dengan tegas :

“Kita itu sedang membangun pesantren Ust, bukan Hotel. Tanah yang antum bilang menarik tadi itu, mahal sekali pembangunannya, karena bentuk tanahnya yang naik turun tidak rata itu. Kita ini pesantren yang punya system, nah system itu meliputi semuanya, termasuk pembangunan Asrama. Sistem Mudabbir (pengasuh asrama yang diisi anak kelas Lima) di Gontor itu hanya bisa efektif dengan penggunaan minimum 3 kamar dalam satu asrama. Kalau dibawah itu, misalkan kita buat satu atau dua kamar dan dibikin Asrama itu per Blok, justru itu akan membuat Bahaya, karena sedikit anggota dengan Mudabbir itu justru akan membuat suasana tidak kondusif. Dan lagi, pak Kyai menghendaki Masjid di Gontor itu diletakkan di arah paling barat, maka antum bisa lihat di Gontor dan Gontor Cabang itu Masjid pasti diletakkan sebagai bangunan paling dominan di sebelah Barat. Ini biar Para santri yang beribadah itu Fokus, tidak terganggu oleh aktifitas lain selain peribadatan. Nah, di tanah itu susah sekali kalau mau mendirikan masjid di sebelah barat, karena tekstur tanah di Arah barat naik turunnya terlalu parah. Itulah ust, Gontor menciptakan system yang itu harus di dukung juga dengan bangunan yang didirikannya…..”

Satu lagi ilmu yang saya dapatkan dari Gontor, Arsitektur Gontory…

Satu Balasan ke Arsitektur Tata Bangunan Gontor

  1. Sahabat Muslim mengatakan:

    Ust, boleh izin copy artikel-artikel disini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: