Gontor, Selalu Berusaha Lebih Baik.

image

Setelah 10 tahun, akhirnya saya menguatkan hati untuk menelusuri lorong-lorong Gontor dengan jalan kaki. Terlalu banyak kenangan dan entah apakah saya yg mudah terharu ini mampu menahan tiap ledakan kenangan indah.

Dari tahun ke tahun Gontor selalu berubah lebih baik. Bukan sekedar fasilitas fisik, kurikulum ataupun ustad-ustadznya yg sekarang rata rata hafidz Quran. Tapi juga semangat para santrinya yg tetap dan bertambah luar biasa dan antusias bahkan saya rasakan melebihi zaman saya dulu.
image

Saya merasa bahwa 90-100% santri saat ini masuk Gontor karena memang keinginan hati mereka. Bukan karena paksaan orang tua atau karena enggak sengaja seperti saya dulu.

Sehingga mereka begitu antusias ikhlas dan semangat mengikuti ritme kehidupan Gontor yang ketat, keras dan cepat. Hal tersebut menyebabkan hal hal buruk yg diwariskan para senior seperti kami bisa dieliminasi bahkan dihapus tuntas.
image

Ambil contoh seperti disiplin. Zaman “orde baru” dulu, disiplin ditegakkan dengan ancaman hukuman fisik yang bahkan kasarnya melebihi stpdn. Tapi sekarang mereka menjalaninya dengan penuh kesadaran dan antusias. Hukumanya cukup diberdirikan saja.

Hal positif lainya adalah soal rokok. Rokok sekarang sudah menjadi barang “haram”. Tahun 2003 saat mengambil ijazah, saya masih bisa dan menemui para penikmat rokok di seputaran masjid Pusaka dan pendopo yang memang tempat favorit ahli hisap.
There always better generation at Gontor.

Langkah saya terhenti sejenak di hadapan tulisan ini. Teringat almarhum guru yang telah meninggal. Walau ratusan guru terbaik Gontor telah wafat, semoga Allah terus melimpahkan guru guru pengganti yang lebih baik. Patah tumbuh, hilang berganti.
image

Satu Balasan ke Gontor, Selalu Berusaha Lebih Baik.

  1. Rokok elektrik mengatakan:

    We’re several grouped volunteers along with starting off a different system in this group. Your blog made available us all having useful information and facts to work upon. You have carried out an amazing method in addition to our own full party are going to be grateful to you personally.

Tinggalkan Balasan

