Jumat Gontor Lama

1231562_582067088517050_800382270_n

ini adalah suasana Sholat Jumat di Pondok Modern Gontor di tahun 1970-an. Sederhana sekali, masjid jami’ belum ada, dan sholat Jumat dilangsungkan di masjid Pusaka dan gedung Madrasah (sekarang gedung ADM). Dulu yang menjadi Imam Sholat Jumat adalah KH Rahmat Soekarto, kakak tertua trimurti, sampai kemudian beliau meninggal digantikan oleh KH Ahmad Sahal. Jamaahnya meluber sampai dengan Pendopo.

Waktu itu setelah peristiwa 19 Maret 1967, pelan-pelan Gontor mulai bangkit lagi. Menatap serius kedepan, setelah peristiwa pengusiran santri besar-besaran. Saat itu, Gontor mulai menggeliat, kalau bahasanya trimurti, Gontor sudah tidak lagi berjalan atau berlari, tapi meloncat. Santri-santrinya datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Menorehkan sebuah semangat tak kenal menyerah dan ikhlas mengajar kepada para santri yang siap dan bersedia diajar.

“Jikapun Santri di Gontor ini tinggal satu, akan tetap saya ajar. Jika Gontor ini sudah tidak ada muridnya, maka saya akan mengajar dengan pena…”
(Alm KH Imam Zarkasyi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: